Tuesday, June 25, 2013

Pengalaman membuat trafo Donat

Yah...awal Juni lalu saya iseng  menggulung trafo donat. Berbekal hasil baca-baca tulisan di forum dan bekas stavolt 500 VA saya memberanikan diri untuk belajar membuat trafo. Dengan modal 90 ribu rupiah saya membeli kawat 1 mm sebanyak 5 ons.

Berikut penampakan-penampakan proses belajar saya....

Persiapan awal, Kawat asli saya pertahankan untuk dijadikan primer..Diberi isolator tahan panas untuk menutup bagian kawat yang terbuka.
Lumayan menyiksa tangan karena dua kawat saya jadikan satu agar lebih cepat dalam menggulung...
Pertemuan kawat dipotong, dan ujung satu di gabung dengan potongan tadi untuk dijadikan CT

Hasil akhir, gak rapi sih :-( maklum masih belajar....
Dengan kawat sekunder 5 ons ukuran 1mm, out trafo saya ukur keluar 56V. Trafo saya gunakan untuk mensuply Matrix 1.4 WS3, lumayanlah buat angkat 2 biji Speaker ACR Classic 1238 dipake buat dengerin radio dikamar....

2 comments:

  1. Maaf mas klo bekas setavol 1500n itu klo d jadikan tapi jd brpa amper ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksd syh klo d jadikan trfo itu jd brpa amper ny

      Delete

Total Pageviews

Popular Posts

Recent Posts

Followers